wanita dan sepatu

4 Cara Mengatasi Aroma Kaki Tak Sedap

Kaki yang berbau tak sedap tentunya dapat menyebabkan kepercayaan diri berkurang. Apalah arti penampilan yang sudah maksimal, apabila saat alas kaki dibuka tercium aroma kaki tak sedap hingga dapat menggangu orang lain di sekitar. Penelitian menyebutkan bahwa kaki yang berbau tak sedap, sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh keringat lembap di area kaki saja.

wanita dan sepatu

Mengutip situs Metro, kaki yang beraroma tak sedap juga dapat disebabkan oleh bakteri yang bersarang di kaki, bercampur dengan keringat dan kulit mati saat menggunakan alas kaki tertutup seperti sepatu dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasi hal ini, ada empat cara mudah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Rajin mencuci kaki

Cobalah mencuci kaki menggunakan sabun anti bakteri dan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati pada bagian kaki. Selain itu tak ada salahnya untuk rajin menggosok kaki di bagian atas dan telapak menggunakan krim lulur atau scrub.

2. Pilihlah bahan kaus kaki

Pilihlah kaus kaki dengan bahan nyaman yang tentunya memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan memiliki serat pilihan guna melancarkan sirkulasi udara dengan baik di area kaki. Ada baiknya Anda juga mengganti kaus kaki minimal satu hari dalam sehari. Hindari untuk tidak mencucinya hingga lebih dari dua hari.

wanita dan sepatu

3. Jangan tinggalkan kaus kaki dalam sepatu

Usai digunakan, jangan meninggalkan kaus kaki dengan digulung di dalam sepatu. Karena hal tersebut dapat berpotensi menjadi sarang bakteri dan menyebabkan kaki beraroma tak sedap. Sebaiknya, gantung dan angin-anginkan kaus kaki di area yang terkena sinar matahari usai digunakan jika ingin digunakan kembali.

4. Gunakan deodoran

Deodoran yang biasa digunakan pada ketiak sebenarnya dapat digunakan juga di telapak kaki untuk mencegah bau kaki. Karena deodoran sebenarnya berfungsi untuk mencegah bakteri yang menyebabkan aroma tak sedap. Jika Anda memiliki krim atau penyegar kaki berbentuk spray (foot spray), gunakanlah setiap sebelum berpergian saat menggunakan kaus kaki.

source: female kompas