gadis patah hati

4 Manfaat Positif yang Bisa Didapatkan dari Patah Hati

Siapa sangka di balik rasa sedih akibat patah hati, terdapat manfaat tersendiri yang baik untuk Anda ke depannya? Rasa yang Anda rasakan ini merupakan cara tubuh untuk mengkomunikasikan rasa sakit yang diterima.

Memang tidak mudah melalui berbagai rasa yang tidak mengenakkan seusai putus cinta. Tapi jika rasa dan manfaat patah hati ini dikelola dengan benar, patah hati ini bisa mengarah ke emosi yang lebih baik, lebih kreatif, dan lebih kuat lagia. Lalu, apa saja manfaat dari patah hati yang bisa didapatkan?

Manfaat patah hati untuk kebaikan diri sendiri

1. Anda sudah mencoba sesuatu untuk mendewasakan diri

Elizabeth Gilbert, seorang penulis novel dari film terkenal Eat Pray Love mengatakan, jika Anda mengalami patah hati berarti Anda telah menemukan sesuatu yang baru. Hal ini juga berlaku meskipun hubungan Anda tidak berhasil atau berantakan, setidaknya Anda telah mencoba untuk menjalaninya.

Memang mungkin Anda atau pasangan Anda terluka, tapi dengan begitu Anda telah banyak mempelajari banyak hal baru sembari mendewasakan diri. Pendewasaan diri ini didapat tergantung bagaimana Anda bersikap dan berpikir mengenai patah hati yang Anda rasakan.

2. Anda jadi tambah kuat

Salah satu manfaat patah hati adalah mendapatkan kekuatan yang dari rasa sedih dan kecewa yang didapat. Ketahanan didapat secara tidak langsung agar Anda bisa mengetahui juga kalau Anda mampu mengatasi rintangan patah hati. Jadi, bila lain kali Anda merasakan hal yang sama lagi, yaitu patah hati, paling tidak Anda mampu bangkit kembali dari keterpurukan.

gadis patah hati

3. Anda belajar sesuatu untuk mengintrospeksi hal mana yang salah

Ketika hubungan Anda berakhir, pastinya ada kesadaran diri yang dapat berkembang serta ada segelintir pertanyaan untuk memicu introspeksi diri lebih lanjut. Seperti apa pertanyaan tentang diri Anda, dampak dari suatu gaya hubungan, hingga prinsip satu sama lain yang bisa Anda perbaiki ke depannya.

Setelah Anda menerka-nerka sembari memikirkan apa yang harus diperbaiki dari diri Anda kedepannya, baiknya putuskan mempelajari dan mengubah yang Anda anggap kurang baik. Lalu, ketika Anda mulai mengubah perilaku dan menciptakan pribadi yang baru, Anda masih punya harapan kalau hubungan selanjutnya bisa berjalan lebih baik.

4. Mensyukuri semua yang ada, termasuk kehadiran pasangan yang dulu

Semua hal bisa Anda syukuri, termasuk merasakan manfaat patah hati setelah putus cinta dengan mengambil sedikit rasa syukur. Bilamana hubungan Anda yang terdahulu membawa dan menghadirkan hikmah tersendiri. Misal, Anda jadi lebih banyak belajar mengenai hubungan, atau Anda bisa mengetahui letak kesalahan Anda ketika menjalin hubungan yang serius. Biarkan kalau orang-orang dari masa lalu Anda menjadi bagian dari cerita hidup Anda.

Oleh: Novita Joseph
Sumber: HelloSehat